Google adalah perusahaan terbesar di dunia yang mengandalkan teknologi termakhir dan open-source. Dengan menggunakan teknologi dari Google, para pengembang bisa membuat dan juga menjual aplikasi melalui Google. Perkembangan Internet dan telpon bertambah pesat. Google juga memberikan alat-alat yang mudah dipelajari untuk membuat aplikasi.
Teknologi Android digunakan untuk membuat aplikasi untuk ponsel pintar (smartphone). Ponsel pintar Android semakin banyak digunakan dan sekarang sudah menjadi persaing ketat iPhone. Anda bisa membuat aplikasi Android melalui Eclipse IDE dan Android SDK. Untuk para pemula, silahkan mencoba Google Apps Inventor.
Teknologi Chrome memanfaatkan HTML5 yang sekarang mulai banyak dikembangkan. Dengan Chrome, anda bisa menjual aplikasi anda di Chrome Webstore yang akan diperkenalkan ke dunia pada akhir tahun ini. Anda bisa membuat aplikasi Chrome dengan Google Apps Engine SDK yang mudah di-instalasi ke Eclipse IDE.
Blog ini akan membagi pengalaman dari para developers untuk membuat aplikasi Android dan Chrome. Silahkan berbagi komentar jika anda berharap untuk berbagi pengalaman untuk para pengembang di Indonesia.